Pengguna Opera Kini Bisa Manfaatkan Fitur VPN di Perangkat Android - Wavker Blog

Pengguna Opera Kini Bisa Manfaatkan Fitur VPN di Perangkat Android

Pengguna Opera Kini Bisa Manfaatkan Fitur VPN di Perangkat Android Sekarang, pengguna browser Opera sudah bisa memanfaatkan fitur VPN d...

Pengguna Opera Kini Bisa Manfaatkan Fitur VPN di Perangkat Android
Sekarang, pengguna browser Opera sudah bisa memanfaatkan fitur VPN di smartphonenya masing – masing.


VPN atau Virtual Private Network adalah sebuah fitur keamanan yang dirancang khusus untuk melindungi privasi para pengguna internet. Dimana, lalu lintas data yang melalui jaringan VPN ini akan terlebih dahulu mengalami proses enkripsi atau pengacakan guna melindungi privasi penggunanya.
Keamanan ketika berselancar di internet bukanlah hal yang sepele. Banyak orang melakukan transaksi dan komunikasi via internet, jika, keamanan para pengguna internet tidak dikawal dengan ketat, maka bukan tidak mungkin bahwa data para pengguna bisa disalahgunakan oleh pihak luar yang berpotensi menimbulkan masalah yang lebih besar.
Fitur VPN ini akan melindungi privasi pengguna dengan cara memanipulasi lokasi berikut alamat IP si pengguna agar tidak mudah dilacak oleh orang lain. Dengan begitu, berbagai aktivitas pengguna didalam dunia online akan menjadi lebih aman.
Fitur VPN pada browser Opera memang bukan merupakan hal baru, karena fitur ini sudah lebih dulu diintegrasikan dengan browser Opera versi desktop (komputer). Namun, baru  - baru ini, Opera telah secara resmi menghadirkan fitur VPN untuk pengguna android.
Fitur ini hanya dapat di akses oleh pengguna yang telah mengupdate browser Opera versi terbaru (51) di smartphonenya. Selanjutnya, pengguna akan dapat mengakses VPN sebagai fitur built – in atau bawaan tanpa dikenai biaya apapun.
Layanan VPN pada browser Opera versi android ini menggunakan teknologi enkripsi 256-bit yang mutakhir untuk melindungi data para pengguna dengan menyimpan dan mencatat semua aktivitas yang dilakukan penggunanya ketika sedang online, namun lebih dari itu, fitur ini mampu membiaskan lokasi sesungguhnya dari user dengan cara menghubungkannya ke server yang berada di seluruh dunia.
Seolah ingin menghadirkan fitur kemananan yang totalitas, Opera berjanji bahwa ia tidak akan ikut campur dalam urusan penggunanya, termasuk soal data pribadi.
Khusus soal lokasi, pada versi beta, pengguna akan diberikan kebebasan untuk memilih sendiri sejumlah Negara di kawasan sekitar Amerika, Eropa, dan Asia atau menggunakan opsi pemilihan otomatis.
Kehadiran Fitur VPN di Browser Opera Bebas Biaya.


Selain bebas biaya, fitur VPN terbaru ini bersifat unlimited dan mudah untuk digunakan. Sesuai tujuannya, fitur ini akan memberikan keamanan lebih bagi para users dalam berselancar di internet, termasuk ketika sedang mengakses internet melalui fasilitas WiFi publik.
Fitur VPN juga sekaligus meningkatkan standar keamanan browser internet android ke tingkat yang lebih tinggi. Perlu diketahui, bahwa pengguna internet akan lebih mudah terkespose oleh ancaman ketika mereka terhubung dengan layanan WiFi publik tanpa menggunakan VPN.
Kurangnya pengamanan akan menyebabkan data anda mudah untuk dicuri dan disalahgunakan oleh pihak asing.
Pentingnya, faktor security tersebut juga mendorong masyarakat untuk lebih peduli dengan keamanan data pribadi mereka. Menurut laporan Global World Index pada tahun 2018, sekitar lebih dari 42 persen pengguna layanan VPN di perangkat seluler menggunakan VPN setiap hari, hal itu juga sekaligus menjadi indikasi bahwa telah terjadi peningkatan terhadap penggunaaan VPN di perangkat  android.
Sejauh ini, fitur VPN merupakan layanan berbayar yang hanya bisa digunakan oleh users yang siap membayar. Melalui terobosan VPN gratis ini, Opera tidak hanya mempelopori tetapi juga memanjakan para penggunanya dengan menghilangkan sistem berbayar tersebut untuk menjangkau masyarakat yang lebih luas.
Opera mengklaim bahwa dirinya adalah perusahaan pertama di dunia yang memiliki fitur VPN gratis. Untuk, memanfaatkan layanan VPN ini, maka pengguna harus terlebih dahulu menginstall atau mengupdate browser Opera versi 51 di perangkat seluler masing – masing.

Artikel Terkait

0 komentar

Disqus for wavker