Jangan Panik ! Begini Cara Mengembalikan Data Flashdisk Anda Yang Hilang - Wavker Blog

Jangan Panik ! Begini Cara Mengembalikan Data Flashdisk Anda Yang Hilang

Jangan Panik ! Begini Cara Mengembalikan Data Flashdisk Anda Yang Hilang Anda mungkin termasuk salah satu orang yang lebih suka untuk me...

Jangan Panik ! Begini Cara Mengembalikan Data Flashdisk Anda Yang Hilang
Anda mungkin termasuk salah satu orang yang lebih suka untuk menyimpan data di flashdisk ketimbang di PC. Baik itu tugas sekolah maupun berkas bisnis hingga koleksi lagu, semua akan anda masukkan ke dalam flashdisk.


Flashdisk merupakan alat penyimpanan eksternal yang bisa anda manfaatkan untuk menyimpan semua data yang anda perlukan. Flashdisk pada umumnya memiliki kapasitas yang cukup besar untuk dapat menampung berbagai macam format file dengan berbagai macam ukuran.
Permasalahan hilangnya data bukan lagi persoalan langka bagi anda. Seringkali, anda merasa panik ketika semua file yang pernah anda simpan di flashdisk mendadak hilang begitu saja.
Anehnya, ketika anda periksa kapasitas flashdisk anda, informasi yang terlihat menunjukkan bahwa flashdisk anda masih menyimpan semua data itu. Lalu kemana perginya data itu ya ?
Lalu, bagaimana cara anda mengembalikan data yang hilang tersebut ?

Cara Mengembalikan Data Hilang di Flashdisk.
Jangan khawatir ! Semua data yang hilang tersebut kemungkinan besar masih bisa  dikembalikan seperti sedia kala. Apalagi jika anda tidak merasa menghapusnya sama sekali. Berikut ini adalah tutorial untuk mengembalikan data di flashdisk yang tiba – tiba menghilang.

Memanfaatkan Command Prompt


CMD atau Command Prompt merupakan program bawaan yang bisa langsung anda gunakan di PC atau laptop secara gratis tanpa koneksi internet.
Pertama – tama, buka program Command Prompt dengan cara double click pada iconnya. Jika, anda tidak juga menemukan program CMD, maka anda bisa mencarinya dengan cara mengklik Start, kemudian tuliskan ‘CMD’ pada bilah pencarian yang terletak pada bagian bawah.
Setelah anda mengetik kata CMD, maka komputer akan melakukan pemindaian dan memperlihatkan hasilnya kepada anda. Sampai disini, anda hanya menunggu sampai anda melihat icon CMD muncul.
Double click icon CMD sampai jendela program CMD terbuka. Setelah terbuka, ketikkan lokasi tempat dimana flashdisk anda terpasang, misalnya flashdisk anda terpasang di F, maka ketik :
F:
Klik enter, berikutnya, anda hanya perlu mengetik perintah seperti dibawah ini.
attrib(spasi)–s(spasi)–h(spasi)*.*(spasi)/s(spasi)/d
Perlu diketahui bahwa ketika anda melakukan sedikit kesalahan dalam mengetik instruksi, maka perintah akan gagal dijalankan. Oleh karena itu, periksa kembali dan usahakan untuk mengetik dengan hati – hati.
Setelah anda mengetik kode diatas, berikutnya klik enter dan tunggu selama  beberapa detik. Setelah menunggu, langkah yang harus anda lakukan berikutnya ialah membuka isi flashdisk anda dengan cara mengklik start, lalu klik computer, kemudian double click flashdisk anda (F:).
Apakah data yang hilang di flashdisk kini sudah kembali lagi ?
Apabila semua data anda sudah kembali normal, maka cara ini telah bekerja dengan baik.
Sebenarnya, data anda tidak benar – benar hilang, hanya saja flashdisk anda terinfeksi virus sehingga menyebabkan data yang ada di dalam flashdisk menjadi tersembunyi (tidak dapat ditemukan).
Itulah mengapa kapasitas flashdisk anda masih menunjukkan informasi yang sama (tidak benar – benar kosong), karena data tersebut masih tersimpan di dalam flashdisk, tetapi dalam keadaan “hidden” atau tersembunyi.

Artikel Terkait

0 komentar

Disqus for wavker