Kapan Samsung Akan Melepas Smartphone 5G-nya ke Indonesia ? - Wavker Blog

Kapan Samsung Akan Melepas Smartphone 5G-nya ke Indonesia ?

Mulai panas, Samsung akhirnya resmikan seri smartphone pertamanya yang mendukung jaringan internet 5G. Diumumkan sejak bulan Februa...


Mulai panas, Samsung akhirnya resmikan seri smartphone pertamanya yang mendukung jaringan internet 5G.

Diumumkan sejak bulan Februari silam, smartphone besutan vendor asal Korea Selatan tersebut rencananya baru akan di lepas ke pasaran pada April mendatang. Melalui sebuah ajang perhelatan bertajuk Galaxy Unpacked, Samsung memperkenalkan Galaxy S10 5G.



Samsung telah mengumumkan kemitraannya dengan beberapa operator seluler di Eropa yang telah menyediakan jaringan internet 5G. Melalui sejarah yang cukup panjang, Samsung akhirnya memperkenalkan Galaxy S10 ke pasar.

Kecepatan jaringan 5G kurang lebih mencapai 20 kali lipat kecepatan jaringan 4G. Dimana, hal itu menjadi kesempatan Samsung untuk memperkenalkan teknologi hyperfast streaming yang memungkinkan penggunanya untuk dapat melakukan pengunduhan dalam waktu yang cukup singkat.

Ponsel genggam ini digadang – gadang telah mendukung teknologi internet seluler generasi kelima (5G). Menjadi salah satu perusahaan teknologi paling mendominasi pasar, Samsung juga sekaligus menjadi salah satu perusahaan teknologi yang paling cepat merealisasikan smartphone 5G secara komersil.

Berfokus pada teknologi Augmented Reality atau lebih dikenal dengan singkatan AR, ponsel ini juga dilengkapi dengan kamera depan yang berfokus pada kemampuan 3D Depth sebagai penunjang AR.

Ponsel ini mengusung layar tipe Dynamic AMOLED capacitive touchscreen seluas 6.7 inci. Panel layar dengan resolusi 1440 x 3040 piksel tersebut telah dilapisi dengan Corning Glass 6 dan HDR10+.

Mengoperasikan sistem Android 9.0 Pie, Samsung Galaxy S10 5G ditenagai dengan Exynos 9820 Octa (8nm) – EMEA Qualcomm SDM855 Snapdragon 855 (7nm). Sementara, konfigurasi RAM dan memori internal Galaxy S10 5G ialah RAM 8 GB dan memori internal sebesar 256 GB.

Untuk hasil selfie yang mengagumkan, Samsung membenamkan dua lensa kamera depan berkekuatan 10 MP yang sudah dilengkapi dengan fitur auto – HDR. Kedua kamera selfie tersebut dirasa sudah cukup mumpuni untuk menunjang aktivitas selfie maupun video call penggunanya. Sementara itu, pada bagian belakang disematkan tiga buah kamera dengan kekuatan lensa masing – masing ialah 12 MP (wide), 12 MP (telephoto) dan 16 MP (ultrawide) yang didukung juga dengan LED Flash.

Seperti ponsel lainnya, Samsung Galaxy S10 5G juga telah dilengkapi dengan fingerprint sensor, accelerometer, gyro, compass, dan heart rate. Uniknya,  melalui fitur Samsung DeX, smartphone ini juga bisa digunakan untuk menampilkan tampilan desktop.

Disokong baterai tanam (nonremovable) Li – Ion berkapasitas 4500 mAh yang sudah mendukung teknologi fast battery charging, pengguna juga dapat mengalihfungsikan Samsung Galaxy S10 5G sebagai power bank untuk mencharge smartphone lainnya.

Secara keseluruhan, smartphone berteknologi 5G ini menawarkan pengalaman internet yang semakin mumpuni di berbagai aspek bidang. Pengguna dapat mengunduh serial televisi full episode dan full season dalam hitungan menit, selain itu, pengguna juga dapat bermain game online dengan grafis HD tanpa mengalami kendala seperti ngelag atau crash.

Kapan Samsung Galaxy S10 5G dibawa ke Indonesia ?

Belum ada jawaban yang jelas terkait kapan smartphone tersebut akan di lepas ke Indonesia. Sejauh ini, Samsung masih menunggu kesiapan infrastruktur dari operator seluler dan regulasi dari pemerintah terkait jaringan internet 5G.

Samsung juga menjelaskan bahwa produknya tersebut dapat mendukung berapapun frekuensi 5G yang akan digunakan di Indonesia, namun kembali pada permasalahan awal, Samsung hanya berencana melepas Galaxy S10 5G saat  infrastruktur jaringan dan teknologi 5G di Indonesia telah siap.

Secara global, China menjadi negara terdepan yang mengembangkan infrastruktur jaringan 5G, disusul dengan Korea Selatan, United States of America, Jepang, Perancis, Jerman, Inggris, Kanada, Singapura, dan Rusia.



Artikel Terkait

0 komentar

Disqus for wavker